Excel dapat
mengerjakan lembar kerja elektronik yang sangat besar yang disebut spreadsheed. Bentuk tepat kerja Excel
berupa buku kerja ( Workbook) yang dapat berisi beberapa lembar (sheet).
Lembar kerja atau sheet ini berupa lembar kerja elektronik yang disebut Worksheet.
Area kerja Excel
Area kerja dalam
excel berbentuk buku kerja atau workbook
yang berisi beberapa lembar keja. Beberapa worksheet ditumpuk, sehingga
hanya satu worksheet yang kelihatan, yang disebut worksheet yang terletak
disebelah kiri bawah tiap wooksheet.
Worksheet atau
lembar kerja dibagi dalam kolom dan baris ( row). Jumlah kolom dalam lembar
kerja adalah 256 kolom, nama kolom
menggunakan huruf alphabet. Dimulai dari A,B…..,Z AA,AB,….AZ dan seterusnya
sampai IV. Nama baris menggunakan angka, mulai baris 1,2…. Sampai 65536.
Perpotongan satu
kolom dengan baris disebut : sel (Cell).
Jadi, perpotongan antara B dengan beris 5 disebut sel B5, kumpulan beberapa sell yang bersebelahan disebut range. Range selalu berbentuk segi empat, Anggota range dimulia dari sell paling kiri atas sampai sel
paling kanan bawah dalam bentuk segi
empat,jadi jika disebut range B2:D3,
maka anggotanya adalah sel B2,C2,B3,C3dan D3.
Membatalkan perintah :
Lakukankan
langkah-langkah:
- Pilih menu Edit
- Pilih pada Undo
Menyimpan buku kerja
Untuk menyimpan
buku kerja kedalam satu file,lakukanlah langkah-langkah:
- pilih menu File lalu save atau tekan tombol CTRL + S
- pada pilihan Save in, tentukanlah lokasi file buku kerja akan disimpan. Pada isian file name, ketikkan nama file untuk menyimpan lembar kerja.
Menutup Buku Kerja
Untuk menutup buku kerja yang masih terbuka,
pilihlah menu file lalu Close atau ALT+F lalu C. jika ingin menutup buku
kerja, sekaligus menutup program excel, cukup
anda tekan ALT + F4. jika ada buku
kerja yang ditutup sudah mengalami perubahan dan belum disimpan, akan muncul
pilihan yes untu menyimpan
perubahan, pilih No jika tidak ingin
menyimpan perubahan dan pilih Cancel
untuk membatalkan perintah menutup buku kerja.
Membuka file buku kerja
Adapun
langkah-langkahnya adalah
- pilih menu File lalu Open atau tekan ALF+ F lalu O atau tekan CTRL + O
- Pada Pilihan Look In, Pilih Atau Tentukan lokasi file yang diinginkan.
- setelah itu , tunjuk pada file lembar kerja yang diinginkan lalu klik Open atau cukup klik ganda pada file lelmbar kerja yang diinginkan.
Catatan :
Pada tombol Open
terdapat tanda segi tiga yang dapat dipakai untuk membuka file dalam beberapa
cara, antara lain:
- Open, yaitu : membuka file dengan cara biasa, seperti menklik tombol open.
- Open Read – only, yaitu membuka file dalam modus hanya baca atau read-only. File yagn dibuka tetap dapat diedit seperti biasa , tetapi kalau disimpan harus menggunakan nama baru
- Open as Copy, yaitu excel otomatis menyalin file ke dalam file baru dengan copy ..of < namaAsli>, selanjutnya Excel membuka file baru tersebut.
- Open in Browsing, yaitu untuk membuka file dalam program browser internet.
Mengatur lebar kolom lewat menu
Lakukanlah
langkah-langkah berikut ini :
- Pilih atau blok sejumlah sel pada kolom yang akan diubah lembarnya.
- pilih menu Format, Colom, lalu Width, sehingga muncul kotak dialog Colomn Width.
- tentukan lebar kolom dengan mengisi angka yang menunjukkan jumlah karakter yang dapat ditampilkan kolom
- klik Ok.
Mengatur Tinggi baris lewat menu
Lakukanlah
langkah-langkah berikut ini :
- Pilih atau blok sejumlah sel pada kolom yang akan diubah lembarnya.
- Pilih menu Format, Colom, lalu Height, sehingga muncul kotak dialog Row Height.
- Tentukan tinggi baris dengan mengisi angka dalam satu point atau titik.
- Klik Ok.
Menggunakan warna dan corak latar Belakang
Untuk
menambahkan warna dan atau corak latar belakang sel atau range, lakukanlah
langkah-langkah berikut ini:
- Blok sel atau renge yang akan diatur tatanan warna dan corak latar belakngnya.
- Untuk memberi warna latar belakang. Cukup anda klik pada icon Fill Color
- Untuk memberi corak, pilih menu Format lalu Cells
- Pilih tab Pattern
- Tentukan pilihan – pilihan yang
diingginkan lalu klik OK
Menggunakan AutoFormat
Excel
menyediakan fasilitas tatanan otomatis
untuk menata garis batas, warna dan
corak suatu range, yaitu fasilitas AutoFormat.
Untuk menggunakan fasilitas AutoFormat,
lakukanlah langkah-langkah berikut ini.
- Bloklah range yang akan ditata.
- Pilih menu Format lalu AutoFormat, sehingga muncul kotak dialog AutoFormat.
- pilih atau klik pada gambar contoh tatanan yang diinginkan .
- klik pada Options untuk menampilkan pilihan cara penerapan AutoFormat. Pada pilihan Format to apply. Beri tanda pilih pada bagian apa saja tatanan otomatis akan diterapkan.
- Klik OK
No comments:
Post a Comment