ARSIP BLOG

Pengenalan Dasar- Dasar Microsoft Office Excel

Excel dapat mengerjakan lembar kerja elektronik yang sangat besar yang disebut spreadsheed. Bentuk tepat kerja Excel berupa buku  kerja ( Workbook) yang dapat berisi beberapa lembar  (sheet). Lembar kerja atau sheet ini berupa lembar kerja elektronik yang disebut Worksheet.


Area kerja Excel

Area kerja dalam excel berbentuk buku kerja atau workbook  yang berisi beberapa lembar keja. Beberapa worksheet ditumpuk, sehingga hanya satu worksheet yang kelihatan, yang disebut worksheet yang terletak disebelah  kiri bawah tiap wooksheet.

Worksheet atau lembar kerja dibagi dalam kolom dan baris ( row). Jumlah kolom dalam lembar kerja  adalah 256 kolom, nama kolom menggunakan huruf alphabet. Dimulai dari A,B…..,Z AA,AB,….AZ dan seterusnya sampai IV. Nama baris menggunakan angka, mulai baris 1,2…. Sampai 65536.
Perpotongan satu kolom dengan baris disebut : sel (Cell). Jadi, perpotongan antara B dengan beris 5 disebut sel B5, kumpulan beberapa sell yang bersebelahan disebut range. Range  selalu berbentuk  segi empat, Anggota range  dimulia dari sell paling kiri atas sampai sel paling  kanan bawah dalam bentuk segi empat,jadi jika disebut range B2:D3, maka anggotanya adalah sel B2,C2,B3,C3dan D3.

Membatalkan perintah :
Lakukankan langkah-langkah:
  1. Pilih menu Edit
  2. Pilih pada Undo

Menyimpan buku kerja

Untuk menyimpan buku kerja kedalam satu file,lakukanlah langkah-langkah:
  1. pilih menu File lalu save atau tekan tombol CTRL + S
  2. pada pilihan Save in, tentukanlah lokasi file buku kerja akan disimpan.  Pada isian file name, ketikkan nama file untuk menyimpan lembar kerja.

Menutup Buku Kerja

Untuk   menutup buku kerja yang masih terbuka, pilihlah menu file lalu Close atau ALT+F lalu C. jika ingin menutup buku kerja,  sekaligus menutup program excel, cukup anda tekan ALT + F4. jika ada buku kerja yang ditutup sudah mengalami perubahan dan belum disimpan, akan muncul pilihan yes untu menyimpan perubahan, pilih No jika tidak ingin menyimpan perubahan dan pilih Cancel untuk membatalkan perintah menutup buku kerja.



Membuka file buku kerja

Adapun langkah-langkahnya adalah
  1. pilih menu File lalu Open  atau tekan ALF+ F lalu O atau tekan CTRL + O
  2. Pada Pilihan Look In, Pilih Atau Tentukan  lokasi file yang diinginkan.
  3. setelah itu , tunjuk pada file lembar kerja  yang diinginkan lalu klik Open atau cukup klik ganda pada file lelmbar kerja yang diinginkan.
Catatan :
Pada tombol Open terdapat tanda segi tiga yang dapat dipakai untuk membuka file dalam beberapa cara, antara lain:
  • Open, yaitu : membuka file dengan cara biasa, seperti menklik tombol open.
  • Open Read – only, yaitu membuka file dalam modus hanya baca atau read-only. File yagn dibuka tetap dapat diedit seperti biasa , tetapi kalau disimpan harus menggunakan nama baru
  • Open as Copy, yaitu excel otomatis menyalin file ke dalam file baru dengan copy ..of < namaAsli>, selanjutnya Excel membuka file baru tersebut.
  • Open in Browsing, yaitu untuk membuka file dalam program browser internet.

Mengatur lebar kolom lewat menu

Lakukanlah langkah-langkah berikut ini :
  1. Pilih atau blok sejumlah sel pada kolom yang akan diubah lembarnya.
  2. pilih  menu Format, Colom, lalu Width, sehingga muncul kotak dialog Colomn Width.
  3. tentukan lebar kolom  dengan mengisi angka yang  menunjukkan jumlah karakter yang dapat ditampilkan kolom
  4. klik Ok.

Mengatur Tinggi baris lewat menu

Lakukanlah langkah-langkah berikut ini :
  1. Pilih atau blok sejumlah sel pada kolom yang akan diubah lembarnya.
  2. Pilih  menu Format, Colom, lalu Height, sehingga muncul kotak dialog Row Height.
  3. Tentukan tinggi baris  dengan mengisi angka dalam satu point atau titik.
  4. Klik Ok.

Menggunakan warna dan corak latar Belakang
Untuk menambahkan warna dan atau corak latar belakang sel atau range, lakukanlah langkah-langkah berikut ini:
  1. Blok sel atau renge yang akan diatur tatanan warna dan corak latar belakngnya.
  2. Untuk memberi warna latar belakang. Cukup anda klik pada icon Fill Color 
  3. Untuk memberi corak, pilih menu Format lalu Cells
  4. Pilih tab Pattern
  5. Tentukan pilihan – pilihan yang diingginkan lalu klik OK

Menggunakan AutoFormat

Excel menyediakan fasilitas tatanan  otomatis untuk  menata garis batas, warna dan corak suatu range, yaitu fasilitas AutoFormat. Untuk menggunakan  fasilitas AutoFormat, lakukanlah langkah-langkah berikut ini.
  1. Bloklah range yang akan ditata.
  2. Pilih menu Format lalu AutoFormat, sehingga muncul kotak dialog AutoFormat.
  3. pilih atau klik pada gambar contoh tatanan yang diinginkan .
  4. klik pada Options untuk  menampilkan pilihan cara penerapan AutoFormat. Pada pilihan  Format to apply. Beri tanda pilih pada bagian apa saja tatanan otomatis akan diterapkan.
  5. Klik OK

No comments:

Post a Comment

Eris DSR Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.