ARSIP BLOG

.: TUGAS PLH | Singo Ulung Kesenian Khas Kota Bondowoso :.



Pertunjukan Singo Ulung
Kesenian Singo Ulung adalah perpaduan dari seni tari topeng dan ojung yang biasanya sebagai tradisi untuk meminta datangnya turun hujan. Koloborasi kesenian tersebut dikemas dalam bentuk tari pertunjukan. Tari Singo ulung diiringi musik tradisional khusus, dengan menggunakan figur singo atau singa berwarna putih sebagai ikon utama kesenian ini. 

Kesenian tari Singo Ulung adalah kesenian tradisional dari Bondowoso. Kesenian ini awalnya di temukan oleh seseorang bernama Singo, dari Blambangan dan memiliki istri dari desa Blimbing.

Singo dan istrinya adalah tokoh masyarakat yang turut membangun desa Blimbing. Atas tanda baktinya itu, masyarakat mengangkatnya sebagai Kepala Desa Blimbing. Dari situ pula awal terciptanya tari Singo Ulung ini berasal, karena tarian ini selalu dibawakan saat upacara Bersih Desa Blimbing.

Singo Ulung dapat digunakan sebagai atraksi tunggal, akan tetapi yang paling pokok adalah digunakan untuk arak-arakan keliling desa pada saat pelaksanaan upacara bersih desa tersebut. Arak-arakan ini disebut arak Nangger.

Adapun jumlah pemain sebanyak 6 orang dengan penjelasan sebagai berikut :
  1. Singo ulung terdiri dari 2 orang pemain
  2.  Topeng kona terdiri dari 1 orang penari
  3.  Tandhak putrid terdiri dari 1 orang penari
  4. Ojung terdiri dari 2 orang pria  

Seni pertunjukan ini menggunakan iringan dari gamelan laras slendro dengan beberapa gendhing diantaranya yaitu kratangan, krucilan, paskapasan dan langsaran (gangsaran).

Mungkin hanya itu informasi yang kami ketahui mengenai Kesenian Singo Ulung. Mudah - mudahan bermanfaat untuk Anda semua.  Terimakasih

No comments:

Post a Comment

Eris DSR Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.