ARSIP BLOG

Tugas I Algoritma Pemrograman


Jelaskan istilah - istilah dibawah ini !
a. Program
Yang dimaksud dengan program adalah kumpulan intruksi yang digunakan untuk mengatur computer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Tanpa adanya program computer hanyalah perangkat keras (hardware) yang tidak bisa melakukan apa-apa.
b.. Algoritma
Algoritma adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas [1] dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik untuk menghitung sebuah fungsi
c. Bahasa Beraras Tinggi
Bahasa beraras-tinggi adalah bahasa permrograman yang berorientasi kepada bahasa manusia. Program dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman ang sudah dipahami oleh manusia, biasanya menggunakan kata-kata bahasa Inggris; misalnya IF untuk menyatakan “jika” dan AND untuk menyatakan “dan”. Yang termasuk dalam kelompok bahasa ini dalah bahasa C, C++, Pascal dan BASIC.
d. Bahasa Beraras Rendah
Bahasa beraras-rendah adalah bahsa pemrograman yang berorientasi kepada mesin. Bahasa ini menggunakan kode biner (yang hanya mengenal kode 0 dan 1) atau suatu kode sederhana untuk menggantikan kode-kode tertentu dalam system biner. Yang tergolong dalam kelompok bahasa ini adalah bahasa mesin dan bahasa rakitan.
e. Interpreter
Interpreter merupakan perangkat lunak yang berfungsi melakukan eksekusi sejumlah instruksi yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman
f. Kompiler
suatu program yang menerjemahkan bahasa program ( source code) kedalam bahasa objek (obyek code).
g. Kode Biner
Binary atau biner adalah pengganti huruf atau abjad dalam bentuk kode angka 1 dan 0.
h. Kesalahan Sintaksis
Disebabkan adanya kesalahan dalam menuliskan program yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa pemrograman. Contoh, suatu pernyataan C++ tidak diakhiri dengan titik-koma. Kesalahan sintaksis terdeteksi sewaktu kompilasi bila Anda menggunakan kompiler C++.
i. Kesalahan Runtime (Kesalahan Fatal)
Adalah kesalahan yang terjadi karena suatu operasi dalam program tidakd apat dilakukan oleh komputer. Sebagai contoh, jika terdapat operasi pembagian dengan nol, maka suatu pesan kesalahan akan ditampilkan dan eksekusi program dihentikan.
j. Kesalahan Logika
Adalah kesalahan yang terjadi karena ada logika yang salah. Misalnya, Anda menuliskan 31.4 untuk menyatakan phi, padahal yang betul adalah 3.14. akibatnya, hasil yang didapatkan tidak benar.
k. Pseudocode
Pseudo-code merupakan deskripsi tingkat tinggi informal dan ringkas atas algoritma pemrograman komputer yang menggunakan konvensi struktural atas suatu bahasa pemrograman, dan ditujukan untuk dibaca oleh manusia dan bukan oleh mesin.
l. Flowchart
Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.
m. Bytecode
Bytecode adalah serangkaian instruksi serupa instruksi kode mesin yang merupakan ciri khas dari bahasa pemograman itu sendiri.
n. Debugging
Debugging adalah sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan
o. Debugger
Program komputer yang digunakan untuk menguji dan mendebug program lainnya (program target). Kode yang diujikan dijalankan pada sebuah instruction set simulator (ISS).
Apa yang dimaksud dengan Interpreter?
Interpreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi kode program (yang di tulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang di minta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang di buat oleh programmer tersebut di eksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat didalam kode tersebut. Proses ini sangat berbeda dengan compiler, dimana pada compiler, hasilnya sudah langsung berupa satu kesatuan perintah dalam bentuk bahasa mesin, dimana proses penterjemahan dilaksanakan sebelum program tersebut dieksekusi.Interpreter adalah menerjemahkan satu per satu instruksi dalam kode sumber, lalu menjalankan instruksi yang telah di terjemahkan. Interpreter adalah Perangkat lunak yang mampu mengeksekusi codeprogram (yang ditulis oleh programmer) lalu menterjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut.
Sebut dan jelaskan mengapa programmer banyak menggunakan bahasa pemrograman beraras tinggi?
a. Lebih mudah dipelajari. b. Fasilitas yang dimiliki lebih baik (banyak). c. Memiliki ukuran yang besar, misalnya membuat compiler pascal dengan menggunakan bahasa C. d. Untuk mesin yang berbeda perlu dikembangkan tahapan-tahapan tambahan. Misal membuat compiler C pada Dos berdasarkan compiler C pada Unix.
Apa keunggulan bahasa rakitan (bahasa beraras rendah) ?
Bahasa rakitan dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi, bahasa rakitan memungkinkan programmer untuk mengontrol serta memanfaatkan secara penuh kapabilitas yang terdapat atas suatu perangkat keras, berbeda halnya dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memiliki banyak keterbatasan dalam pemanfaatan secara penuh
Jelaskan tahapan penyelesaian pembuatan aplikasi!
Tahap 1 Berdiskusi: awal yang baik dalam pembuatan sebuah aplikasi atau website adalah diskusi yang dilakukan oleh team. Team disini terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu Program Management (Proman), Desainer Aplikasi, System Network dan Developer/Coder/Programmer. Diskusi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi team, membuat dokumen acuan pengerjaan / dokumen User Acceptance Test (UAT), gambaran desain aplikasi dan lingkungan pengembangan. Tahap 2 Eksekusi: Hasil dari diskusi tahap awal langsung dieksekusi oleh masing-masing penanggung jawab. Proman membuat dokumen UAT, Desainer membuat desain aplikasi, System Network menyiapkan lingkungan pengembangan dari segi server dan jaringan. Tugas dari Developer / Programmer pada tahap ini hanya berkoordinasi dengan System Network sambil menunggu dokumen UAT dan Desain siap. Sedangkan Desainer akan lebih banyak berkomunikasi dengan Proman untuk membuat desain aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah desain dan lingkungan pengembangan sudah siap, barulah dioper ke Developer dan Programmer untuk dikembangakan. Tahap 3 Development: Proses development aplikasi dapat memakan waktu yang cepat atau lama tergantung dengan besar aplikasi yang dibuat. Dalam proses ini coder akan banyak berkomunikasi dengan Proman, Desainer dan System Network jika ada kendala atau ada hal-hal yang dirasa kurang jelas. Tahap 4 User Accetance Test: UAT merupakan proses yang dilakukan setelah development. UAT dilakukan oleh Proman terhadap aplikasi yang telah dikembangkan. Acuan tes meruapakan file UAT tentang fungsi-fungsi aplikasi yang harus dapat berjalan, di tes satu persatu, jika terdapat ketidak sesuaian aplikasi yang telah dikemabangkan dengan fungsi yang seharusnya maka tugas coder untuk memperbaiki. Tahap 5 Launching: Jika aplikasi dinyatakan lulus test UAT maka aplikasi siap untuk digunakan oleh klien atau penggunanya. Yeeahh!! Tahap 6 Monitoring dan Bug Fixing: Aplikasi yang telah di-launching dan digunakan tidak lepas dari monitoring. Jika dalam perjalanan penggunaannya terdapat bug ataupun kekurangan harus diperbaiki.

Jelaskan asal kata dari Algoritma!
Kata algoritma berasal dari latinisasi nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan Al Khawārizmi (hidup sekitar abad ke-9), sebagaimana tercantum pada terjemahan karyanya dalam bahasa latin dari abad ke-12 "Algorithmi de numero Indorum".

No comments:

Post a Comment

Eris DSR Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Theme images by richcano. Powered by Blogger.